Bab 1 Dasar-Dasar Internet

  1. Internet merupakan sebuah kumpulan global (mendunia) ribuan jaringan komputer dan jutaan komputer pribadi yang dikelola secara bebas. 
  2. Intranet adalah sebuah kumpulan jaringan komputer lokal yang menggunakan perangkat lunat internet & protokol TCP / IP atau HTTP. 
  3. WWW adalah singkatan dari World Wide Web. 
  4. Web berarti jaringan yang dapat menampilkan data-data dan informasi lain melalui internet. 
  5. Contoh dari Web Site yaitu www.yahoo.com, www.google.com, dan sebagainya.
  6. E-mail adalah surat elektronik yang dapat dikirim dan diterima melalui internet. 
  7. Search Engine merupakan aplikasi pencari data, informasi, alamat web site lain melalui input kata kunci dan fitur lainnya. 
  8. Hyperlink merupakann fasilitas untuk mereferensikan atau menghubungkan sebuah kata, kalimat, simbol, gambar dengan alamat-alamat di internet. 
  9. Alamat IP merupakan indentitas komputer dalam jaringan yang terdiri dari empat bagian (mulai angka 1 sampai 255).
  10. HTML (Hypertext Mark up Languange) merupakan standar format untuk dokumen hypertext.
  11. Download adalah pengambilan data atau informasi dari sebuah web site untuk ditampilkan atau disimpan di komputer pengguna. 
  12. Upload adalah pengiriman data dan informasi dari komputer pengguna ke suatu web site. 
  13. ISP atau Internet Service Provider merupakan perusahaan atau lembaga penyedua jasa layanan Internet. Contohnya Wasantara, Indosatnet, Telkomnet, dan sebagainya. 
  14. Salah satu keunggulan internet yaitu aksesnya tidak dibatasi oleh waktu. 
  15. Salah satu kelemahan internet yaitu adanya penyebaran virus komputer melalui internet. 
  16. Satuan kecepatan akses internet adalah Kbps (kilobits per second) atau Mbps (megabits per second). 
  17. GPRS atau General Packet Radio Service yaitu komunikasi data dan suara yang dilakukan dengan menggunakan gelombang radio. 
  18. Salah satu faktor yang mempengaruhi kecepatan akses internet yaitu kepadatan lalu lintas internet sepanjang rute yang dilalui. Dengan makin padatnya lalu lintas internet yang dilalui, maka kecepatan akses internet yang diperoleh akan semakin lambat. 
  19. ADSL adalah singkatan dari Asymetric Digital Subscriber Line yang merupakan suatu teknologi modem yang berkerja pada frekuensi antara 34 kHz sampai 1104 kHz. 
  20. Keuntungan ADSL yaitu memberikan kemampuan akses internet berkecepatan tinggi dan suara/fax secara simultan (di sisi pelanggan dengan menggunakan splitter untuk memisahkan saluran telepon dan saluran modem).

0 komentar:

Posting Komentar